Graha Pena Gunadarma

Visitasi Akreditasi S3 Ekonomi

April 19th, 2012 | by | in Berita, Headline | 1 Comments

Dua asesor BAN-PT mendatangi Universitas Gunadarma hari Rabu (18/4/2012) di Kampus Kenari. Kedua asesor tersebut adalah Prof. T. Dzulkarnain Amin dari Universitas Padjadjaran dan Prof. Bernadetta Robiani dari Universitas Sriwijaya. Maksud kedatangan dua guru besar tersebut adalah melakukan visitasi akreditasi Program Studi S3 Ekonomi yang direncanakan selama dua hari.  Hasil visitasi sebelumnya untuk program Doktor Ilmu Ekonomi Universitas Gunadarma adalah peringkat B (Baik). Acara dipusatkan di Auditorium lantai 2 Kampus Kenari.

Kampus Kenari Universitas Gunadarma

Pada jam 9 acara dimulai dengan pembukaan oleh Rektor Universitas Gunadarma Prof. E.S. Margianti, SE, MM yang didampingi oleh jajaran pimpinan Universitas Gunadarma, di antaranya Pembantu Rektor I Dr. Ravi Salim, Pembantu Rektor III Irwan Bastian, Skom, MMSI, Pembantu Rektor IV Prof. Didin Mukodim, dan Koordinator Program Pascasarjana Prof. Yuhara Sukra. Setelah selesai acara pembukaan dan perkenalan antara Asesor dan semua pimpinan dan staff Universitas Gunadarma yang hadir,  sesi diskusi dengan Pengelola Program Doktor pun dimulai. Asesor pun berdiskusi cukup lama dengan  Direktur Program Doktor Prof. Boesono dan Ketua Program Studi Doktor yang didampini Sekretaris Program Studi S3 Ekonomi Dr.rer.pol Sudaryanto dan staff pengelola lainnya.

Suasana saat sesi pembukaan di ruang auditorium

Sesi tanya jawab dengan program studi berlangsung hampir 2 jam sampai jam istirahat. Acara langsung dilanjut dengan pertemuan dengan mahasiswa dan dosen sampai waktu isritahat jam 12.30. Acara dilanjutkan setelah istirahat, shalat, dan makan siang. Kali ini giliran pengguna lulusan berdiskusi dengan Asesor. Observasi administrasi dan fasilitas menjadi sesi terakhir hari ini. Acara hari pertama berakhir pada jam 5 sore.

*****

Sisi Lain Akreditasi

Namanya “hajatan akademik“, kegiatan visitasi selalu menyedot perhatian dan kepedulian dari Universitas Gunadarma, termasuk tim borang dan para staff pendukung. Kesibukan sudah dimulai sejak pagi sekali. Rombongan inti tim Akreditasi UG sudah harus berangkat jam 6 dari Depok. Kemacetan ibukota selalu menjadi faktor yang patut diantisipasi pada setiap kegiatan di Kampus Kenari. Syukurlah, jajaran pimpinan dan tim pendukung sudah berada di Kampus Kenari sebelum jam 9, bahkan ada yang sudah nongkrong di Ruang Sekretariat di Lantai 3 jam 7 pagi.

Jangan bingung dengan dokumen yang menggunung

Salah satu kesibukan lain adalah penyiapan dokumen administrasi dan penyiapan sarana dan prasarana fisik. Semua dokumen tersebut merupakan bukti atau fakta yang mendukung penilaian intrumen Borang Akreditasi, yang terdiri dari tiga dokumen yaitu Laporan Evaluasi Diri, Borang Pengelola Program Doktor, dan Borang Program Studi. Tumpukan dokumen pun “bejibun” yang dijaga oleh staff pendukung sesuai dengan deskripsi tugasnya masing-masing.

Sibuk sana sibuk sini di depan perpustakaan

Sarana dan prasarana fisik di Kampus Kenari di antaranya mencakup ruang pimpinan, ruang dosen, ruang kesekretariatan, perpustakaan, ruang kerja mahasiswa, dan laboratorium. Fasilitas lainnya yang adalah infrastruktur teknologi informasi dan komunikasi yang digunakan dalam proses pendidikan di Program Doktor Ilmu Ekonomi Universitas Gunadarma.

Coba tebak, siapa yang ada di hadapan dua asesor saat sesi terakhir?

Begitulah hajatan besar bernama visitasi akreditasi program studi. Saat ini Universitas Gunadarma memiliki 29 Program Studi. Masa berlaku peringkat hasil akreditasi setiap program studi tersebut adalah 5 tahun jika berperingkat A. Jadi agenda rutin visitasi di Universitas Gunadarma bisa dilakukan 5 program studi per tahun. Itulah salah satu agenda rutin di Universitas Gunadarma. Semoga jerih payah dan kebersamaan berbuah hasil akreditasi yang lebih baik dari sebelumnya.

Tulisan Dengan Topik Terkait

Ditulis Oleh

Rumah Pena → Redaksi Rumah Pena

Lihat semua tulisan dari

Website : http://pena.gunadarma.ac.id

One Response to “Visitasi Akreditasi S3 Ekonomi”

Leave a Reply