Graha Pena Gunadarma

Visitasi Akreditasi Program Studi Magister Psikologi

April 17th, 2012 | by | in Berita, Headline | No Comments

Hari ini, Senin (16/4/2012) Universitas Gunadarma (UG) didatangi dua Asesor dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) dalam rangka visitasi akreditasi Program Studi Magister Psikologi. Acara diselenggarakan di Kampus Simatupang mulai jam 9 pagi yang dibuka oleh Rektor  UG Prof. E.S. Margianti, SE, MM dengan didampingi pimpinan universitas, program pascasarjana, dan program studi.  Asesor BAN-PT yang datang adalah Prof. Dr. Noor Rochman Hadjam dari UGM dan Dr. Seger Handoyo dari Universitas Airlangga.

Kampus Universitas Gunadarma di Graha Simatupang

Setelah sesi tanya jawab dengan pimpinan universitas, acara selanjutnya presentasi dan tanya jawab dengan pengelola Program Pascasarjana Sosial dan Budaya serta Program Magister Psikologi. Presentasi disampaikan oleh ketua Program Magister Psikologi Dr. M.M Nilam Widyarini, M.Si, Psikolog. Sesi selanjutnya adalah tanya jawab dengan dosen sampai rehat siang hari. Setelah makan, salat dan istirahat satu jam, acara dilanjutkan dengan diskusi dengan mahasiswa dan lulusan.

Mengintip Diskusi antara Asesor dengan mahasiswa dan lulusan

Acara hari pertama ditutup dengan sesi diskusi dengan staff administrasi dan staff pendukung. Acara akan dilanjutkan besok, yang salah satu agenda mendebarkannya adalah penyampaian hasil temuan asesor. Semoga visitasi berjalan lancar dan UG mendapatkan hasil lebih baik dibandingkan sebelumnya yang sudah mendapatkan peringkat B.

Staff pendukung sedang "diinterogasi" oleh dua Asesor

*****

Sekilas Instrumen Akreditasi

Akreditasi Program Studi Magister menggunakan instrumen akreditasi yang terdiri dari tiga bagian, yakni: Borang Program Studi, Borang Unit Pengelola Program Studi Magister, dan Laporan Evaluasi Diri. Ketiga bagian tersebut berupa dokumen yang terpisah. Borang Program Studi dan Borang Pengelola terdiri dari sejumlah pertanyaan atau instrumen penilaian yang dikelompokkan dalam tujuh Standar, yaitu:

  1. Standar 1: Visi, misi, tujuan, dan sasaran, serta strategi pencapaian. Standar ini adalah acuan keunggulan mutu penyelenggaraan dan strategi program studi untuk meraih masa depan.
  2. Standar 2: Tata pamong, kepemimpinan, sistem pengelolaan, dan penjaminan mutu. Standar ini adalah acuan keunggulan mutu tata pamong, kepemimpinan, sistem pengelolaan, dan penjaminan mutu program studi sebagai satu kesatuan yang terintegrasi sebagai kunci penting bagi keberhasilan program dalam menjalankan misi pokoknya: pendidikan, penelitian, dan pelayanan/pengabdian kepada masyarakat.
  3. Standar 3: Mahasiswa dan lulusan. Standar ini adalah acuan keunggulan mutu mahasiswa dan lulusan. Program studi harus memberikan jaminan mutu, kelayakan kebijakan serta implementasi sistem rekrutmen dan seleksi calon mahasiswa maupun pengelolaan lulusan sebagai satu kesatuan mutu yang terintegrasi.
  4. Standar 4: Sumber Daya Manusia. Standar ini adalah acuan keunggulan mutu sumber daya manusia yang andal dan mampu menjamin mutu penyelenggaraan program studi, melalui program akademik sesuai dengan visi, misi, tujuan, dan sasaran.
  5. Standar 5: Kurikulum, Pemberlajaran, dan Suasana Akademik. Standar ini adalah acuan keunggulan mutu kurikulum, pembelajaran, dan suasana akademik untuk menjamin mutu penyelenggaraan program akademik di tingkat program studi. Kurikulum yang dirancang dan diterapkan harus mampu menjamin tercapainya tujuan, terlaksananya misi, dan terwujudnya visi program studi.
  6. Standar 6: Pembiayaan, sarana dan prasarana, serta sistem informasi. Standar ini adalah acuan keunggulan mutu pembiayaan, sarana dan prasarana, serta sistem informasi yang mampu menjamin mutu penyelenggaraan program akademik. Sistem pengelolaan pembiayaan, sarana dan prasarana, serta sistem informasi harus menjamin kelayakan, keberlangsungan, dan keberlanjutan program akademik di program studi.
  7. Standar 7: Penelitian, Pelayanan/Pengabdian kepada masyarakat, dan kerja sama. Standar ini adalah acuan keunggulan mutu penelitian, pelayanan/pengabdian kepada masyarakat, dan kerjasama yang diselenggarakan untuk dan terkait dengan pengembangan mutu program studi.

Jumlah butir penilaian pada Borang Program Studi sebanyak 100 butir, Sedangkan jumlah butir pada borang pengelola sebanyak 48 butir. Penilaian Laporan Evaluasi Diri menggunakan 11 butir pertanyaan. Skor atau peringkat setiap butir menggunakan 5 Peringkat, yaitu 0 (Sangat Kurang), 1 (Kurang), 2 (Cukup), 3 (Baik), dan 4 (Sangat Baik). Penentuan skor akhir merupakan jumlah dari hasil penilaian (1) Evaluasi-diri program studi (10%), (2) Borang program studi (75%), dan (3) Borang unit pengelola program studi (15%), dengan peringkat hasil akreditasinya sebagai berikut:

  1. Peringkat A, dengan nilainya 361 sampai 400
  2. Peringkat B dengan kisaran nilainya 301 sampai 360
  3. Peringkat C dengan nilainya 200 sampai 300
  4. Tidak Terakreditasi jika nilainya dibawah 200

Tulisan Dengan Topik Terkait

Ditulis Oleh

Rumah Pena → Redaksi Rumah Pena

Lihat semua tulisan dari

Website : http://pena.gunadarma.ac.id

Leave a Reply