Graha Pena Gunadarma

Perkembangan Penetrasi dan Densitas Asuransi

January 2nd, 2015 | by | in Headline, Keuangan | 2 Comments

Sigma-Swiss Re (2014) menyebutkan bahwa pada tahun 2013, total premi asuransi jiwa untuk tingkat dunia tercatat sebesar USD 2 608 Milyar, atau pertumbuhannya menurun 0,7% dibandingkan pertumbuhan tahun 2012 sebesar 2,3%. Pertumbuhan tertinggi terjadi di Eropa Barat dan Oseania seiring dengan penuruan di Amerika Utara dan stagnan di Negara-negara maju di Asia.  Negara-negara berkembang menunjukkan pertumbuhan premi asuransi jiwa sebesar 6,14 persen atau jauh di atas rata-rata dunia. Pertumbuhan premi asuransi jiwa di negera-negara maju lebih rendah dibandingkan sebelum krisis 2 (krisis finansial global pada tahun 2008). Kondisi yang relatif sama terjadi hanya di negera-negara berkembang di Asia. Hal ini disebabkan oleh penurunan tajam di Tiongkok dan India pasca perubahan regulasi di kedua Negara tersebut pada tahun 2011.

Pertumbuhan premi asuransi umum tercatat sebesar 2,3% pada tahun 2013, atau menurun dibandingkan pertumbuhan tahun 2012 sebesar 2.7% dengan total premi sebesar USD 2033 Milyar. Negera-negara maju hampir tidak bergerak dengan pertumbuhan premi hanya 1,1% sedangkan tahun 2012 sekitar 1.5%. Kondisi tersebut disebabkan  stagnasi di Eropa Barat dan perlambatan di Negara maju di Asia. Pertumbuhan di wilayah Oseania tetap kuat sebesar 5,1% dan di Amerika Utara relatif tidak berubah yaitu sebesar 1,9%.

Negera-negara berkembang kembali menunjukkan kontribusinya terhadap pertumbuhan premi asuransi umum di tingkat global. Kinerja tersebut relatif merata di seluruh wilayah negara berkembang, kecuali di Eropa Barat dan Tengah. Ekspansi negara-negara berkembang di Asia didorong pertumbuhan tinggi  yang berkelanjutan di Asia Tenggara dan Tiongkok. Pertumbuhan tinggi juga terjadi di wilayah Amerika Latin  dengan pertumbuhan premi mencapai 7,2%.  Pertumbuhan premi rata-rata di negara maju pasca krisis (2009 sampai 2013) jauh di bawah rata-rata sebelum krisis. Penurunan pertumbuhan pasca krisis juga terjadi di Negara berkembang, namun pertumbuhannya masih relatif tinggi yaitu sebesar 7.6%.

Tulisan Dengan Topik Terkait

Ditulis Oleh

Budi Hermana → Dosen Universitas Gunadarma http://nustaffsite.gunadarma.ac.id/blog/bhermana

Lihat semua tulisan dari

Website : http://bhermana.staff.gunadarma.ac.id

2 Responses to “Perkembangan Penetrasi dan Densitas Asuransi”

  1. Perkembangan Penetrasi dan Densitas Asuransi..artikel yang sangat bagus …Mampir juga ya di Asuransi Garda Oto, klikgardaoto.com, mygardaoto.com, gardaoto.com – salam-Tri

  2. Garda Oto says:

    Pertumbuhan premi asuransi umum tercatat sebesar 2,3% pada tahun 2013, atau menurun dibandingkan pertumbuhan tahun 2012 sebesar 2.7% dengan total premi sebesar USD 2033 Milyar. Negera-negara maju hampir tidak bergerak dengan pertumbuhan premi hanya 1,1% sedangkan tahun 2012 sekitar 1.5%. Kondisi tersebut disebabkan stagnasi di Eropa Barat dan perlambatan di Negara maju di Asia. Pertumbuhan di wilayah Oseania tetap kuat sebesar 5,1% dan di Amerika Utara relatif tidak berubah yaitu sebesar 1,9%.

    Semoga semakin maju perasuransian di indonesia…

    Salam – Via

Leave a Reply