Graha Pena Gunadarma

Peringkat Perguruan Tinggi Versi Webometrics Edisi Juli 2012

July 31st, 2012 | by | in Berita, Headline | 1 Comments

Peringkat Webometrics edisi Juli 2012 baru saja dirilis hari ini, 30 Juli 2012. Jumlah perguruan tinggi yang diperingkat sebanyak 20 ribu. Jumlah PT di Indonesia yang masuk pemeringakatan sebanyak 361 atau meningkat dibandingkan edisi Januari sebanyak 352 PT.

Peringkat 10 Besar Nasional verso Webometrics Edisi Juli 2012 (sumber: webometrics.info)

Webometrics kembali melakukan perubahan metodologi pemeringkatannya, termasuk perubahan nama parameternya. Nama empat parameter pada edisi sebelumnya adalah SIZE, VISIBILITY, RICH FILES, dan SCHOLAR. Nama dan penjelasan parameter untuk edisi baru ini adalah sebagai berikut:

  1. PRESENCE (Bobot: 20%), yaitu volume konten global yang terindeks Google
  2. IMPACT (50%), yaitu kualitas konten yang diukur dengan tautan eksternal dari pihak ketiga dengan data visibilitynya menggunakan dua mesin pencari yaitu Majestic SEO dan Ahrefs.
  3. OPENNESS (15%), yaitu jumlah rich file (pdf, doc, docs, dan ppt) yang terindeks di google scholar
  4. EXCELLENCE (15%), yaitu karya akademik yang dipublikasikan di jurnal international yang tergolong high-impact dengan sumber datanya diambil dari Scimago.

Tiga parameter baru secara umum tidak jauh berbeda dibandingkan metode pemeringkatan sebelumnya. PRESENCE identik dengan SIZE pada metoda lama, IMPACT mirip dengan VISIBILITY namun dengan memperhitungkan kualitasnya, sedangkan OPENNES identik dengan SCHOLAR. Parameter yang relatif baru adalah EXCELLENCE, yang pada metode lama masih disatukan dengan parameter SCHOLAR. Kini jumlah artikel ilmiah pada jurnal international bergengsi menjadi parameter tersendiri.

Hasil pemeringkatan khusus untuk Indonesia masih didominasi oleh PTN pada sepuluh besar nasional, kecuali Universitas Gunadarma yang menjadi PTS satu-satunya di Top Ten Nasional, yaitu menempati peringkat ke-6. Berikut peringkat sepuluh besar nasional:

  1. Universitas Gadjah Mada (Peringkat Dunia: 379; peringkat ASEAN: 9)
  2. Universitas Indonesia (507; 15)
  3. Institut Teknologi Bandung (568; 18)
  4. Institut Teknologi Sepuluh November (582; 19)
  5. Universitas Pendidikan Indonesia (630; 22)
  6. Universitas Gunadarma (740; 24)
  7. Institut Pertanian Bogor (764; 25)
  8. Universitas Brawijaya (837; 29)
  9. Universitas Sebelas Maret (883; 30)
  10. Universitas Diponegoro (948; 32)

Khusus untuk Universitas Gunadarma (UG), parameter yang menunjukkan peningkatan signifikan adalah IMPACT, yang berarti ada peningkatan kualitas tautan eksternal ke konten-konten yang ada di situs UG. Universitas Gunadarma bahkan menempati peringkat terbaik untuk parameter ini, yaitu dengan peringkat dunia ke- 140, disusul oleh UGM dan ITB yang menempati peringkat dunia ke-142 dan 152.

Tiga parameter – yaitu PRESENCE, IMPACT, dan OPENNES – Universitas Gunadarma berhasil masuk peringkat di bawah 1000 dunia untuk masing-masing parameter tersebut, yaitu berturut-turut pada posisi ke-115, 140, dan 831. Namun, UG masih sangat tertinggal dalam parameter EXCELLENCE, yaitu hanya menempati peringkat dunia ke-4603. Kondisi tersebut menunjukkan UG, terutama civitas akademikanya, harus memperbanyak publikasi artikel ilmiah di Jurnal International yang terindeks oleh SCIMAGO.

Kelemahan publikasi pada jurnal international menjadi kondisi umum bagi PT di Indonesia, yang ditunjukkan dengan peringkat EXCELLENCE-nya masih di atas 1000. Peringkat tertinggi untuk jumlah karya ilmiah yang masuk database SCIMAGO adalah Universitas Indonesia yang menempati peringkat dunia ke-1730, disusul oleh ITB dan UGM yang peringkat dunianya hanya menempati posisi 1871 dan 1999. Kondisi tersebut menunjukkan bahwa perguruan tinggi di Indonesia masih tergolong rendah dalam publikasi di Jurnal International, terutama pada jurnal international yang high-impact atau banyak dirujuk pada karya ilmiah lain.

UGM, UI, ITB dan ITS masuk ke Top 100 Asia yaitu berturut-turut menempati peringkat ke-50, 79, 92 dan 96.  Peringkat lima besar Asia ditempati oleh University of Tokyo, National Taiwan University, Kyoto University, National University of Singapore, dan Tsinghua University. Jumlah perguruan tinggi Indonesia yang masuk Top 100 ASEAN sebanyak 33 PT, atau kedua terbanyak setelah Thailand yang menempatkan 35 PT, disusul Malaysia sebanyak 18 PT. Universitas Gunadarma berhasil menempati posisi ke-24 di tingkat ASEAN.

Peringkat papan atas dunia masih didominasi oleh perguruan tinggi dari Amerika Serikat, yaitu menempatkan 18 PT pada dua puluh besar dunia. Sepuluh besar dunia pun semuanya berasal dari Amerika Serikat, yaitu:

  1. Harvard University
  2. Massachusetts Institute of Technology
  3. Stanford University
  4. University of California Berkeley
  5. Cornell University
  6. University of Minnesota
  7. University of Pennsylvania
  8. University of Wisconsin Madison
  9. University of Illinois Urbana Champaign
  10. Michigan State University

Peringkat selengkapnya untuk perguruan tinggi di Indonesia dapat dilihat di sini.

—-

Tulisan Terkait:

Peringkat Kampus Versi 4icu Edisi Juli 2012

 

Tulisan Dengan Topik Terkait

Ditulis Oleh

Rumah Pena → Redaksi Rumah Pena

Lihat semua tulisan dari

Website : http://pena.gunadarma.ac.id

One Response to “Peringkat Perguruan Tinggi Versi Webometrics Edisi Juli 2012”

Leave a Reply