Graha Pena Gunadarma

Peringkat 4ICU Edisi Juli 2015

November 6th, 2015 | by | in Berita, ICT, Internet | No Comments

Peringkat Perguruan Tinggi berdasarkan popularitas website kembali dirilis oleh 4icu.org pada tanggal 23 Juli 2015. Peringkat tersebut dipublikasikan setiap semester yaitu pada bulan Januari dan Juli. Jumlah perguruan tinggi yang masuk peringkat pada edisi ini adalah sebanyak 11307 yang tersebar di 200 negara. 4ICU hanya memeringkat perguruan tinggi yang berbentuk universitas atau institut. Jumlah universitas atau institut di Indonesia yang masuk peringkat pada edisi Juli 2015 ini sebanyak 408 perguruan tinggi, atau meningkat 8 perguruan tinggi dibandingkan Edisi Januari 2015. Metode pemeringkatannya tetap sama dengan edisi sebelumnya yaitu menggunakan lima indikator sebagai berikut:

1.    Google Pagerank
2.    Alexa Traffic Rank
3.    Majestic SEO Reffering Domain
4.    Majestic SEO Citation Flow
5.    Majestic SEO Trust Flow

Lima indikator tersebut secara umum menunjukkan popularitas website perguruan tinggi berbasis lalulintas kunjungan dan tautan. Sumber datanya adalah Google Pagerank, Alexa.com, dan MajesticSEO.com. Alexa.com digunakan untuk melihat lalulintas web (web traffik) yang menunjukkan jumlah kunjungan ke sebuah website, sedangkan MajesticSEO.com digunakan untuk melihat tautan dari website lain ke website perguruan tinggi yang bersangkutan.

Perguruan Tinggi di Amerikas Serikat mendominasi sepuluh besar dunia, dengan lima besarnya adalah MIT, Stanford, Harvard, Barkeley, dan Cornell. Perguruan tinggi di Tiongkok mendominasi peringkat sepuluh besar di Asia, bahkan lima besar Asia ditempati perguruan tinggi dari Tiongkok yaitu Fudan University, Peking University, Shanghai Jiao Tong University, Nanjing University, dan Tsinghua University. National University of Singapore menjadi wakil ASEAN satu-satunya yang masuk sepuluh besar di wilayah Asia. Hanya dua perguruan tinggi di Indonesia yang masuk 100 besar di Asia yaitu ITB yang menempati 28 dan UGM ke-99.

Peringkat PTS di Indonesia cenderung menurun dari edisi sebelumnya dan tidak ada yang berhasil masuk ke peringkat 1000 dunia. Pada edisi ini PTN secara umum menunjukkan peningkatan peringkat dibandingkan edisi Januari 2015. Hanya empat PTS yang masuk peringkat 20 besar nasional yaitu Universitas Gunadarma, Universitas Bina Nusantara, Universitas Mercu Buana, dan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Tulisan Dengan Topik Terkait

Ditulis Oleh

Budi Hermana → Dosen Universitas Gunadarma http://nustaffsite.gunadarma.ac.id/blog/bhermana

Lihat semua tulisan dari

Website : http://bhermana.staff.gunadarma.ac.id

Leave a Reply