Graha Pena Gunadarma

Pelatihan Portal Kopertis 2 di Palembang

April 21st, 2012 | by | in Berita, Headline | No Comments

Universitas Gunadarma bekerjasama dengan Kopertis 2 dalam pengembangan paper repository yang dapat digunakan untuk menunggah karya ilmiah di dosen  PTS yang berada dalam wilayah Kopertis 2, yang mencakup provinsi Lampung, Sumatera Selatan, Bengkulu, serta Bangka Belitung. Acara yang dibuka oleh Sekretaris Pelaksana Kopertis 2 berlangsung di STMIK MDP pada tanggal 19 April 2012. Pesertanya sebanyak 110 orang yang merupakan perwakilan dari masing-masing PTS serta staff Kopertis 2.

Suasana pelatihan Portal Kopertis 2 (doc tim UG)

Setelah pembukaan, Rektor Universitas Gunadarma menjadi narasumber utama yang menjelaskan kebijakan dan prosedur yang berhubungan dengan kewajiban unggah karya ilmiah serta pencegahan  plagiarism  di peguruan tinggi.  Menurut beliau, paper repository di kopertis 2- yang disebut sebagai Portal Kopertis 2- merupakan salah satu upaya agar setiap PTS di Kopertis 2 bisa mematuhi kebijakan drijen DIKTI tentang unggah karya ilmiah dosen.

Rektor UG mendampingi Sekretaris Pelaksana Kopertis 2 saat pembukaan (doc tim UG)

Sesi berikuntya adalah pelatihan penggunaan Portal Kopertis 2 oleh tim dari Universitas Gunadarma. Acara berlangsung sampai jam 12.00.  Setiap peserta membawa notebook agar bisa mencoba langsung prosedur unggah karya ilmiah. Setiap peserta adalah operator dari perguruan tinggi yang mempunyai kewenangan untuk mengunggah karya ilmiah dosen di setiap kampusnya masing-masing, setelah karya ilmiah tersebut divalidasi oleh panitia Perhirungan Angka Kredit (PAK).

Sesi penjelasan teknis dan tutorial penggunaan portal Kopertis 2 oleh tim UG (doc tim UG)

Acara pelatihan yang berlangsung setengah hari tersebut berjalan lancar. Tim dari Universitas Gunadarma selanjutnya melakukan pertemuan khusus dengan tim Kopertis 2 pada esok harinya (20/4/2012). Agenda pertemuannya adalah penjelasan tentang tindak lanjut penanganan Portal kopertis dari sisi pengelolanya, yakni Kopertis 2, serta penyiapan SOP terkait dengan pemanfaatan Portal Kopertis 2 untuk proses validasi karya ilmiah yang diusulkan untuk pengusulan jenjang jabatan akademik dosen.

Tulisan Dengan Topik Terkait

Ditulis Oleh

Rumah Pena → Redaksi Rumah Pena

Lihat semua tulisan dari

Website : http://pena.gunadarma.ac.id

Leave a Reply