Graha Pena Gunadarma

Nasihat Berwisata untuk Kawan dari Mancanegara

June 14th, 2012 | by | in Headline, Wisata | No Comments

Akhir tahun 2011 lalu, di message facebook tiba2 ramai ketika salah seorang teman dari Malaysia dengan semangatnya menyatakan akan bertahun baruan di indonesia dan meminta saran kira-kira tempat apa saja yang menarik dikunjungi dalam kunjungan 5 hari itu di kota jakarta dan kota bandung.

Dengan serta merta kawan2 mahasiswa Gunadarma yang sedang mengambil master VIBOT  di Le creusot Perancis, berganti-ganti menyebut berbagai tujuan wisata alam, wisata kuliner, wisata kota yang terkenal di tempat itu.

Aku teringat, bahwa selama aku membuat rencana perjalanan di perancis ini, tidak pernah sedikit pun menanyakan hal yang sama kepada orang lain, tetapi cukup mencari di internet dengan keyword city sight seeing atau langsung menuliskan obyek2 yang memang kita cari sesuai dengan kehendak kita. Bahkan tak jarang, aku menemukan lebih banyak daripada pengetahuan orang kota yang kutuju tentang kotanya tersebut.

Sambil iseng, setelah memberi beberapa saran pada kawan malaysiaku tadi, aku coba mencari informasi tentang obyek2 wisata di Indonesia melalu internet.

Perbedaan yang aku temukan dengan mencari kota-kota di perancis adalah, bahwa titik point obyek2 wisata indonesia lebih banyak ditemukan dari blog-blog personal yang bertestemoni tentang kegembiraannya (atau sebaliknya ketidaknyamanannya) terhadap apa yang telah dia alami di suatu obyek wisata. Situs-situs official dari kota yang bersangkutan nyatanya lebih banyak berisi informasi yang kurang dibutuhkan bagi orang2 yang mau berkunjung ke kota tersebut. Bahkan beberapa situs pemerintah kota kualitasnya cuma seperti situs bikinan mahasiswa teknik informatika tingkat satu, yang baru belajar cara me-lay-out website.

Kalaupun kutemukan tampilan yang bagus dan profesional, namun kualitas informasinya sudah ketinggalan zaman dan tidak pernah update sedikit pun dari awal launching - nya. Entah apa yang ada di pikiran para staf pemkot, sehingga punya website tapi tidak berfungsi sebagaimana mestinya.

Nah, ini yang perlu dibenahi. Jika belajar dari pemerintah kota-kota di Perancis (atau pun pemerintah daerah di Eropa lainnya), mereka membuat situs kota itu hidup sekali, mereka menyediakan kontent bagi warga kotanya, baik utk pelayanan administrasi, info situasi kota (transportasi, perumahan, taman, peta kota), berita dan skedul program kota, informasi SWOT kotanya utk para penanam modal, dan tentu saja tidak lupa menyediakan konten pariwisata. Bahkan mereka mengkhususkan utk pariwisata ini ada website tersendiri, yang disebut office-de-tourisme. Semua informasi berpusat dari ini, lengkap sekali detil sampai disediakan brosur utk bisa diprint segala. Cukup buka situs dan anda akan mendapatkan semuanya, sehingga tinggal memutuskan akan pergi atau tidak.

Berbeda yang aku alami saat aku mencari informasi pariwisata di negara kita, maka aku segera disuguhi berbagai blog yang – memang – cukup lengkap, tapi perlu dibaca sana-sini dulu berbagai opini personal dari mereka, dan mencoba menyimpulkannya sendiri. Kadang karena tidak seragamnya pendapat itu, kesimpulan untuk berangkat atau tidak itu sering tidak pernah tuntas, karena keburu capek cari informasi.

SO, what di you think?

Tulisan Dengan Topik Terkait

Ditulis Oleh

Lihat semua tulisan dari

Leave a Reply