Graha Pena Gunadarma

Musi di Malam Hari

April 21st, 2012 | by | in Headline, Wisata | 2 Comments

Palembang memang “lembang“, yang berarti becek atau berair. Dan air di ibukota Sumatera Selatan itu paling terlihat di Sungai Musi. Sungai Musi dengan jembatan Amperanya pun menjadi ikon atau landmark kota Palembang.

jembatan anggun di siang hari (doc pribadi)

Saya dan kawan-kawan kembali ke kota  yang menurut dugaan para ahli ada jejak sejarah kerajaan di bawah kotanya.  Selama dua hari (19-20/4/2012) kami berkunjung dalam rangka tugas sembari jalan-jalan di seputar kota. Sasaran default-nya jelas sudah, Sungai Musi yang berada di sekitar Jembatan Ampera. Kini, kunjungan ke sananya di malam hari. Menikmati makan malam khas Palembang pun dilengkapi dengan panorama sungai Musi di malam hari.

Jembatan eksotik di malam hari (doc pribadi)

Gemerlap lampu di atas sungai (doc pribadi)

Berkunjung ke tepian musi di malam hari selalu tertuju pada sosok Jembatan Ampera yang melintas sungai Musi dengan kokohnya. Jembatan fenomenal tersebut mulai dibangun pada tahun 1962, dan diresmikan pada tahun 1965 oleh Letjen Ahmad Yani, tepatnya tanggal 30 September 1965. Saat siang hari, kendaraan bermototr pun padat melintas di atas jembatan, dan kapal-kapal  lalu-lalang di bawahnya.

Kesibukan di Sungai Musi pada siang hari (doc pribadi)

Saat lalu lalang kapal berkurang di malam hari, gemerlap lampu pun mulai bermunculan di pinggir musi. Semburat warna-warni dari rangka Jembatan Ampera membentuk mozaik eksotik yang bisa dipandang dari kejauhan, termasuk di rumah-rumah makan atau resto yang berada di bibir sungai. Menikmati indahnya musi di malam hari pun ditemani dengan lezatnya kuliner khas Palembang.

Silhuet resto di atas Musi (doc pribadi)

Menikmati kuliner di malam hari (doc pribadi)

Tulisan Dengan Topik Terkait

Ditulis Oleh

Budi Hermana → Dosen Universitas Gunadarma http://nustaffsite.gunadarma.ac.id/blog/bhermana

Lihat semua tulisan dari

Website : http://bhermana.staff.gunadarma.ac.id

2 Responses to “Musi di Malam Hari”

  1. yuli says:

    Mampir ke pulau kemarau ga pak?

    • Budi Hermana says:

      hehehe, pas kunjungannya sebelumnya ada yang trauma naik speed boat, tadinya mau menuju pulau kemarau. Jadi akhirnya putar balik sebelum sampai ke sana, Yul :)

Leave a Reply