Graha Pena Gunadarma

Legenda Medusa… di Istanbul

April 11th, 2012 | by | in Berita, Wisata | 3 Comments

Banyak orang mengenal Medusa sebagai Peri yang cantik namun menyeramkan. Perjalanan untuk melihat bentuk Medusa di Istanbul, dimulai ketika kami mengunjugi Basilica Cistern.
Pintu masuk ke Basilika Cistern Istanbul terletak di seberang jalan dari Sophia Haghia, Sultanahmet. Tempat Ini wadah air bawah tanah yang sangat besar dibangun pada masa pemerintahan Kaisar Justinian I pada 532 untuk memenuhi kebutuhan air dari Istana Besar. Arsitektur bagian luar menegaskan sekali lagi bahwa mereka berasal dari Kekaisaran Bizantium.

Cistern Basilika, yang meminjam namanya dari Basilika Ilius, mempunyai panjang 143 meter. Atapnya didukung oleh 336 kolom marmer, sebagian besar dalam gaya ionik atau Korintus. Berjarak pada interval empat meter, mereka disusun dalam 12 baris.

Tempat ini bisa menahan 80.000 meter kubik air, datang dari Pusat Distribusi Air Eğrikapı di Hutan Belgrade, 19 kilometer dari kota. Air itu diangkut ke pusat kota melalui 11.545 meter saluran pipa, yang dibangun oleh Kaisar Justinian I.

Medusa

Tempat itu terlupakan selama berabad-abad dan tanpa sengaja ditemukan kembali oleh orang Perancis Peter Gyllius tahun 1545. Penemuan ini berawal ketika ia sering mengamati bahwa orang-orang di lingkungan itu tidak hanya mendapatkan air dengan menurunkan ember melalui lubang di ruang bawah tanah mereka, bahkan seringkali mereka juga mendapatkan ikan dengan cara ini.

Setelah membersihkan dan memulihkan Cistern Basilika, Kota Istanbul Metropolitan membukanya untuk umum pada tahun 1987. Setelah turun ke fasilitas air bawah tanah melalui tangga, kami dapat berjalan-jalan di jalan setapak beton, menikmati pencahayaan tenang dan suhu dingin. Suasana di dalam tempat itu betul betul terasa dingin … sekali….. karena juga dikelilingi oleh air…

Kami berjalan sampai ke pojok tertentu dan kami terpan melihat dua kepala Medusa. Kedua kepala yang santai digunakan sebagai dasar kolom, satu diposisikan terbalik, yang lain miring ke samping. Kedua posisi mereka sampai saat ini tetap menjadi misteri

Melihat patung Medusa, kami jadi tertarik untuk mengetahui legenda dari Nama Medusa ini.
Medusa, seorang peri laut, yang merupakan peri tercantik dari tiga saudara perempuan Gorgon. Dia didekati oleh Poseidon, dan menjalin hubungan dengannya, menetap di sebuah kuil di Athena.

Karena hubungan terlarang itu, membuat Athena marah, sehingga Medusa dikutuk dan berubah menjadi makhluk mengerikan. rambut kepala Medusa berubah menjadi ular, wajah yang menakutkan dan dengan memandang matanya, orang dapat berubah menjadi batu. Medusa dipenggal saat tidur oleh Perseus , yang kemudian kepalanya digunakan sebagai senjata sampai suatu ketika Perseus memberikannya kepada dewi Athena untuk ditempatkan di perisainya.

Legenda yang terkenal itu… membuat kami terhenyak di depan patung Medusa yang diam membatu…….

Tulisan Dengan Topik Terkait

Ditulis Oleh

Lihat semua tulisan dari

Website : http://susys.staff.gunadarma.ac.id

3 Responses to “Legenda Medusa… di Istanbul”

  1. Susy Suhendra says:

    @Budi…. sorry Bud.. comment yang Budi buat, aku hapus… hehehehe, abiz panik.. krn gambarnya gede banget…. maklum gaptek….

Leave a Reply