Graha Pena Gunadarma

Kewirausahaan Mahasiswa Berbasis Portofolio

April 7th, 2012 | by | in Headline, Wirausaha | 18 Comments

Mahasiswa menjadi salah satu tolak ukur terhadap kemajuan dan keberhasilan pendidikan di suatu negara, semakin banyak jumlah mahasiswa yang dapat melanjutkan studi, semakin meningkatkan pola dan cara pandangnya sebagai bentuk memberikan kontribusi terhadap kemajuan bangsa. Penanaman modal kewirausahaan melalui pendidikan berbasis portofolio sudah seharusnya diterapkan oleh mahasiswa sebagai wadah kreasi dan menuangkan imajenasi secara menyeluruh terus-menerus.

Portofolio Mahasiswa Universitas Gunadarma

Kewirausahaan berbasis portofolio memungkinkan mahasiswa memperoleh pengetahuan lebih mendalam tentang materi yang diajarkan, berlatih dan menuangkannya guna mengukur performansi serta memberikan umpan balik yang diawali dengan memahami beberapa hal yang harus dimiliki mahasiswa, seperti:

a.  Pembentukan Sikap Mental/Karakter Wirausahawan

Mahasiswa harus memiliki sikap mental/kharakter wirausahawan, dan mampu mengaktualisasikan dalam kehidupan sehari-hari.

b. Pengetahuan Kewirausahaan

Mahasiswa harus memahami materi dalam rangka pencapaian nilai kompetensinya, menguasai pengetahuann kewirausahaan secara tuntas, sehingga memungkinkan untuk dapat dituangkan untuk tampil dalam kegiatan seperti: pelatihan, seminar, lomba dan lain-lain, baik tingkat wilayah, provinsi, nasional dan internasional.

c. Keterampilan

Mahasiswa telah terampil dalam berbagai hal tentang mengemukakan ide, konsep, merancang proposal, melaksanakan  proses, manajemen, kemandirian, evaluasi dan mengembangkan ide secara keseluruhan.

Sehingga mahasiswa kedepan memanfaatkan e-portofolio berbasis internet diharapkan mampu mengembangkan hal yang baru (developing new technology), penemuan pengetahuan baru (discovering new knowledge), perbaikan produk yang sudah ada (improving existing products or services) serta penemuan cara-cara yang berbeda untuk menghasilkan sesuatu yang lebih banyak dengan sumber daya yang lebih sedikit (finding different ways of providing more goods and services with fewer resources).

Tulisan Dengan Topik Terkait

Ditulis Oleh

Teddy Oswari → Berkembangnya seseorang karena manajemen dan Suksesnya seseorang karena manajemen (toswari, 2004) Manajemen itu indah :)

Lihat semua tulisan dari

18 Responses to “Kewirausahaan Mahasiswa Berbasis Portofolio”

  1. GOOD ARTICLE…:)
    Saya sependapat dengan apa yang sudah dijelaskan oleh pak Toswari diatas.. Menurut saya portofolio itu sangat penting bagi mahasiswa, karena dengan adanya portofolio kita dapat mengasah sampai dimana daya kreatifitas, imajinasi yang dimiliki oleh seseorang. Selain itu, adanya portofolio juga membantu khususnya dalam dunia pekerjaan seperti yang sekarang ini kita lihat faktanya dilapangan. dalam mencari pekerjaan itu sangat sulit tak terkecuali dengan mahasiswa sekalipun. Karena para manajer menginginkan karyawan yang unggul, kreatif dan inovativ untuk memajukan perusahaannya.. Dengan adanya portofolio diharapkan para manajer dapat melihat sampai dimana kemampuan calon karyawannya… dan peluang untuk diterima pun sangat besar…

    • toswari says:

      Ok deh Erna.., sekarang tugas seorang mahasiswa adalah mengisi portofolio positifnya, agar semakin memiliki nilai tambah dalam segala hal..ok

  2. Akhmad Fauzi says:

    Saya sangat setuju dengan artikel yang ditulis pak Tedy.
    Di era saat ini, seharusnya seorang mahasiswa tidak hanya cukup dibekali ilmu yang akan digunakan bekerja untuk perusahaan milik orang lain.

    Sudah saatnya lulusan mahasiswa Indonesia mempunyai bekal cukup untuk mendirikan sebuah wirausaha atau lapangan pekerjaan yang nantinya juga dapat membantu mengatasi kemiskinan di negara kita.

    Ilmu dan bekal yang telah diperoleh dari kampus yang menyediakan ilmu kewirausahaan tersebut, juga pasti akan mendapatkan apresiasi positif dari masyarakat jika dituangkan di sebuah portfolio yang berbobot, di mana sebagai media pembuktian bahwa ilmu kewirausahaan tersebut pernah mahasiswa dapatkan di kampusnya.

    Artikel yang sangat membangun motivasi, demi kemajuan Gunadarma.

    • toswari says:

      Ya Fauzi,
      Sebuah cara pandang yang positif, akan menemukan hasil yang positif pula. Tinggal mahasiswa yang harus bersikap, kapan harus memulai dan siap untuk dievaluasi..hehehe

  3. Saya sependapat dengan tulisan diatas, karena menurut saya pengetahuan mengenai kewirausahaan perlu ditanamkan pada pribadi mahasiswa. Pengetahuan kewirausahaan tersebut dapat dijadikan bekal untuk mengembangkan minat mahasiswa untuk membuat sebuah usaha sendiri nantinya. Selain itu pengetahuan kewirausahaan tersebut dapat meningkatkan kreatifitas serta inovasi terbaru dalam bidang kewirausahaan sehingga mahasiswa dapat ikut serta dalam meningkatkan taraf hidup orang banyak dengan usaha yang akan dibuatnya.

    Portofolio yang dicantumkan pun dapat membantu para mahasiswa untuk bersaing dengan mahasiswa lain yang akan mencari pekerjaan. Portofolio yang mencantumkan bahwa mahasiswa tersebut telah memiliki bekal pengetahuan yang cukup mengenai kewirausahaan dapat menjadi nilai tambah saat pemilihan calon karyawan nantinya.

    Sehingga saya sependapat jika portofolio ini diadakan demi meningkatkan keterampilan para mahasiswa Gunadarma, tetapi portofolio ini tidak diharuskan oleh semua mahasiswa sebab ada mahasiswa yang tidak menyukai kewirausahaan.

    • toswari says:

      Yanita,
      Kewirausahaan adalah cermin kepribadian kita, karena mamuat cara pandang, sikap, pengetahuan, keterampilan, cara melakukan sesuatu dan lain sebagainya. Artinya siapapun kita pasti memiliki jiwa itu. Coba searching tulisan saya yang berjudul “MEMBANGUN JIWA KEWIRAUSAHAAN (ENTREPRENEURSHIP): MENJADI MAHASISWA PENGUSAHA (ENTREPRENEUR STUDENT) SEBAGAI MODAL UNTUK MENJADI PELAKU USAHA BARU” selamat membaca ya..

  4. asalamualaikum. wr.wb.
    saya juga sangat setuju dengan isi dari karya tulis pak Toswari tersebut, karena dengan adanya portofolio tersebut mahasiswa tidak hanya bisa mengasah kreatifitas dan inovasi mahasiswa tetapi secara tidak langsung juga mengharuskan dan memberikan mahasiswa pembelajaran untuk bertanggung jawab apa yang telah ditulisnya tersebut,selain poin-poin diatas sangat memberikan pembelajaran yang sangat berarti itu juga dapat membuat dan membentuk jati diri mahasiswa yang sebenarnya karena mahasiswa dibentuk dengan metal dan rasa tangung jawab akan tugas yang diberikan, sikap berwirausaha yang dimiliki mahasiswa nantinya juga akan membangun rasa percaya diri dan rasa tangung jawab yang akan dan harus diterapkan dikemudian hari setelah lulus dari perkuliahan dimana tugas portofolio yang terlihat mudah dan sederhana ternyata memberikan ilmu dan makna yang sangat mendalam bagi yang menjalani dan menerapkannya..

    • toswari says:

      Waalaikum salam,
      Betul sekali Fatya, keseimbangan dalam belajar dan berkarya sangat diperlukan nantinya ketika sudah terjun dimasyarakat. Apalagi dekade 10 tahun terakhir ini, mahasiswa juga dituntut harus mampu berkarya dengan mengoptimalkan pemanfaatan teknologi :) karena kenyataannya teknologi sudah membuat mahasiswa jadi malas/bodoh :) Ini saya kutip dari Seorang Prof. peneliti dari Aichi Univ. di Jepang.

  5. Saya setuju dengan paparan tulisan Bapak diatas. Saya sebagai mahasiswa yang saat ini masih aktif diperkuliahan sangat membutuhkan pengetahuan yang lebih mendalam lagi dan menerapkannya dalam dunia kerja yakni keahlian atau softskill.

    Kesimpulan yang dapat kita ambil bahwa kompetensi mahasiswa yang diharapkan adalah :
    1. Aspek Teknis, berhubungan dengan latar belakang keilmuan yang dipelajari atau keahlian yang diperlukan di dunia kerja (Technical Skill)
    2. Aspek non Teknis, mencakup motivasi, adaptasi, komunikasi, kerjasama tim, pemecahan masalah, manajemen stress, kepemimpinan dll. (Soft Skill)

    Dengan demikian, kewirausahaan mahasiswa berbasis softskill dapat melahirkan atau mengembangkan mahasiswa yang kompeten.

    • toswari says:

      SIp Esra, artinya mahasiswa sekarang ini harus mampu menambah jam latihan untuk lebih optimal akan kedua aspek itu? :)

  6. Selamat malam..
    Sebelumnya saya minta maaf sama bapak,karna saya kurang setuju dengan tulisan bapak. Menurut saya kewirausahaan berbasis portofolio hanyalah sekedar tulisan yang terdapat pada selembar kertas yang berupa teori-teori. Akan tetapi,pada kenyataannya dalam berwirausaha yang dibutuhkan itu ialah keterampilan dan ide-ide kreatif seseorang dalam memanfaatkan situasi dan kondisi yang ada dilingkungan sekitarnya. Jadi,ada baiknya mahasiswa jangan hanya dibekali materi dan tulisan tetapi lebih mendalam keketerampilan dan kreatifitas mahasiswa..

    • toswari says:

      Wiwik yang baik,
      sebelum terjun ke masyarakat untuk berinteraksi dan berwirausaha, seorang mahasiswa sangat memerlukan wadah untuk menuangkan ide kreatif, pengetahuan. Setelah itu baru sikapnya dikembangkan dengan baik dan diikuti dengan keterampilan. Coba kita lihat betapa banyaknya pemilik UKM di Indonesia yang memiliki keterbatasan ide kreatif dan pengetahuan..ok :)

  7. Yudi Kurnia says:

    menurut saya penyusunan portofolio bertujuan untuk mengumpulkan bukti-bukti mengenai apa yang telah dikuasai oleh seseorang, yang selanjutnya didajikan secara khas menurut pribadi masing-masing. Jadi berbeda dengan tes pilihan ganda yang mencoba menentukan apa yang tidak diketahui siswa, dalam penilaian dengan portofolio ini ditekankan pada apa yang telah dikuasai
    Nah sekarang kita tahu bahwa penilaian dengan menggunakan portofolio, bukan merupakan penilaian instan. Tapi merupakan penilaian proses belajar siswa. Sehingga bisa lebih menunjukkan profil siswa secara keseluruhan. Jadi menggunakan penilaian portofolio, kenapa tidak?terlebih lagi untuk keweirausahan dengan semakin bagus fortopolio kita maka rekan bisnis atau clien semakin mempercayai kita sebagai seorang yang benar-benar kompeten .

    • Teddy Oswari says:

      Good ! Generasi saat ini dituntut aktif dan kreatif dalam banyak hal. Pengkayaan portofolio sebagai bukti bahwa mahasiswa siap untuk meraih segala kesempatan dalam mewujudkan cita-citanya.. semoga sukses ya Yudi :)

      • Yudi Kurnia says:

        dalam hal ini juga saya banyak mengasah ilmu baik dari kampus maupun luar kampus dengan demikian tercipta sofkil serta hardskil dikala setelah lulus nanati :D

        oke terima kasih pak, semoga sukses jga :D

  8. ” Berbasis PortoFolio ” dalam hal ini mahasiswa dapat bertukar informasi tentang bagaiman seorang wirausahawan yang mampu menciptakan lapangan pekerjaan , mahasiswa benar – benar bisa belajar tentang wirausaha. Hanya penerapannya bukan pada PortoFolio , PortoFolio merupakan serangkaian tulisan yang menampung semua cerita kesuksesan atau hal – hal yang bergerak pada bidang usaha, dengan demikian mahasiswa bisa belajar dari tulisan tersebut selanjutnya dapat diterapkan pada kehidupannya.

Leave a Reply