Graha Pena Gunadarma

Kemenangan bukan cuma milik yang Kuat dan Hebat

April 26th, 2012 | by | in Gado-gado | 4 Comments

Dua hari ter-panas dan ter-tegang di minggu terakhir bulan April ini para penggemar si kulit bundar……(sepak bola maksudnya) …… dan pecinta peluang……..(hehehe…klo ini maksudnya mereka yang suka tantangan lewat probabilitas…menang atau kalah)………sangat dimanjakan dengan dua panggung hiburan yang mampu membius ribuan bahkan jutaan pasang mata…………. bahkan rela begadang untuk menikmatinya.

sumber: http://www.uefa.com/uefachampionsleague/photos

Itulah sajian drama semifinal Champion League 2012……. yang menggelar sajian tingkah polah, kasak kusuk, senggol-senggolan disertai liukan lincah para pemainnya……drama yang menghadirkan dua klub raksasa sepakbola negara matador …el barca dan el real……yang sangat diunggulkan, bertempur melawan klub……. yang mungkin dipandang sebelah mata…… the blues dan die roten.

Sangat mudah ditebak……hasil pooling menunjukkan bahwa dua klub asal matador menguasai bursa…..dengan hampir rata-rata diatas 60%. Walah!!!…..jadi artinya hampir semua orang berpikiran dan berharap bahwa liga champions eropa kali ni hanya dimiliki oleh el barca dan el real. Wajar pemikiran dan harapan itu muncul…..walaupun itu juga cuma itung-itungan diatas kertas …..eh salah di computer….lah wong sekarang ini khan bukan jaman kertas…tapi ini jaman computer….dan ngitungnya juga pake metode komputasi.

Setelah si bola mulai ditendang di lapangan ternyata………………. Hasilnya kebalik semua, hampir seluruh pecinta probabilita rupiah…..menangis sedu sedan….!!! Semua yang diunggulkan di atas computer……. Ternyata nggak sesuai kondisinya dengan di lapangan…semua klub yang hobinya balapan sama banteng malah bertekuk lutut….. dan kalah.

Belum lagi jutaan penggemarnya yang sampe guling-guling….teriak-teriak……bahkan “misuh-misuh” (jawa-red. ngumpat), dan kadang teman-teman yang di kebun binatang pada ikut dibawa-bawa, padahal mereka nggak pada ikutan nonton lho!!!……..hehehehe. Fenomena opo iki yo???? ……….Lha kalau kita berkaca pada hasil drama yang membara tadi mengingatkan pada beberapa filosofi kehidupan.

Selama ini sudah banyak dikenal dan dipuja oleh ribuan penggemarnya……El Barca dan El Real merupakan tim yang terhebat dan terkuat……. Dihiasi talenta sepakbola seperti Messi, Ronaldo, Inniesta, Xavi, Puyol, Fabregas, Kaka, Ramos…….. dan yang lainnya….tapi nama-nama yang ngetop sudah ngetop di negara ini kayak …….Tugiyo, Andik, Bambang Pamungkas, M. Robby……..  kok nggak ada ya dalam line up pemain???….apa mungkin mereka masih belum dimasukkan dalam daftar cadangan yah……..…mungkin jawabannya bisa dicari di rumput lapangan hehehehe!!!!. Walah daripada membahas daftar pemain ……..……mending neruskan diskusi yang tadi aja yah….soalnya kalo harus nanya sama rumput ntar malah ribet….ruwet dan salah persepsi lagi……..hehehe.

Bila menelaah lebih dalam……atau mempreteli lagi, di lapangan sepak bola, ternyata………..tim yang kuat dan hebat…….belum tentu menang……ini buktinya, tim kuat dan hebat……..hancur mengalami kekalahan, bahkan di kandangnya sendiri….. “Namanya juga bola, bundar, tak bisa ditebak,” begitu mungkin ungkapan banyak pengamat…..kalo yang namanya pengamat pasti bisanya ya cuma komentar….tapi kalo main sendiri ……belum tentu sesuai dengan komentarnya……hehehe.

Berkaca dari drama tadi, saya kembali diingatkan bahwa betapa pun kecilnya kekuatan yang dimiliki…………bukan berarti akan langsung dapat mudah dikalahkan begitu saja. Bahkan, sangat mungkin peluang untuk menang itu masih besar………………asalkan jangan kalah terlebih dulu sebelum bertanding, dan berusaha dengan keras, maka mungkin akan mampu membuat “kejutan”.
Jadi intinya…….. menjadi “pemenang” itu adalah hak setiap insan…..bukan monopoli (atau oligopoly….atau poli apapun lah itu)…… mereka yang terhebat dan terkuat plus terbesar. Jangan kalah sebelum bertanding…………”lemes” sebelum berperang ……………………….. atau “klepek-klepek” sebelum berjuang………….hehehehe.

Belajar dari keberhasilan the blues dan die roten……….. faktor penentu yang berikutnya adalah semangat dan daya juang tinggi dari awal sampai dengan titik akhir pertandingan…… selama peluit panjang belum dibunyikan (tanda akhir permainan)…… perjuangan tetap harus dilakukan dengan semangat yang tinggi……..contoh terciptanya goal dari the blues kemarin……..selalu pada detik-detik akhir sebelum peluit akhir dibunyikan….; bahkan perjuangan yang tidak kenal lelah dari die roten sampai babak adu pinalti………

Tulisan Dengan Topik Terkait

Ditulis Oleh

Prihantoro → Kawulo puniko kalebet golongan "kacung kampret", dadosipun ingkang dalem corat-coret puniko namung sekedar uneg-uneg lan harapan saking kawulo alit

Lihat semua tulisan dari

Website : http://prihantoro.staff.gunadarma.ac.id

4 Responses to “Kemenangan bukan cuma milik yang Kuat dan Hebat”

  1. Budi Hermana says:

    Traktir dong :) Kan Muenchen menang Om hehehe

    Pegang mana nanti final? :) Pasti The Blues deh hehehe

  2. Izul Chaniago says:

    Tidak setuju, kemenangan itu tetap milik yang kuat. Kuat Bertahan atau kuat menyerang, kadang kuat peruntungan :D

    Main Bertahan itu bukan berarti tidak kuat bukan? Bertahan jg bagian dari sepakbola, Bertahan butuh konsentrasi dan disiplin yang tinggi, dan itu dilakukan Chelsea di kandang Barca hanya dengan 10 pemain. Jadi Chelsea itu kuat dan hebat !!!

    Munchen&Madrid no comment :D

    • Prihantoro says:

      hahahahaha……thanks kommentarnya mas, betul bertahan dengan semangat dan daya juang yang tinggi …..itu juga salah satu faktor untuk memperoleh kemenangan, jadi faktor kemenangan bukan hanya “kebesaran nama”….btw thanks sudah ikut menambah khasanah dan wawasan topik ini

Leave a Reply