Graha Pena Gunadarma

Jadi Pasar Sepuluh Besar, Daya Saing Indonesia Malah Turun

November 12th, 2015 | by | in Berita, Ekonomi, Headline | No Comments

Daya saing Indonesia turun dari peringkat 34 pada tahun 2014 menjadi peringkat 37 dari 140 negara pada edisi 2015-2016. Malah Indonesia bersama Thailan menjadi negara di wilayah ASEAN yang mengalami penuruan daya saing, sedangkan Filipina dan Vietnam menjadi dua negara ASEAN yang menunjukkan peningkatan daya saing yang signifikan.

Mencermari 12 pilar pengukuran daya saing yang dilaporkan oleh World Economic Forum, ada hal yang  menarik, meskipun terasa ironis, Indonesia sebenarnya menduduki peringkat sepuluh besar untuk pilar ukuran pasar. Pilar kesepuluh tersebut diukur dengan 4 indikator yaitu (1) Indeks ukuran pasar domestik, (2) indeks ukuran pasar luar negeri, (3) Produk Domestik Bruto (PDB), dan (4) persentase ekspor terhadap PDB.

Tiga indikator yang pertama menempati 20 besar dunia yaitu ke-8 untuk PDB dan ukuran pasar domestik serta ke-19 untuk ukuran pasar luar negeri. Namun persentase ekspor terhadap PDB justru sangat rendah yaitu menempati peringkat 119. Angka-angka tersebut menunjukkan bahwa Indonesia bak kue besar yang diperebutkan masyarakat global, namun Indonesianya sendiri kurang memanfaatkan pasar global. Jumlah penduduk besar menjadi sasaran pasar yang menarik, khususnya bagai perusahaan asing yang relatif mudah menyerbu ke Indonesia pada berbagai sektor. Itulah ironinya.

 

 

Tulisan Dengan Topik Terkait

Ditulis Oleh

Rumah Pena → Redaksi Rumah Pena

Lihat semua tulisan dari

Website : http://pena.gunadarma.ac.id

Leave a Reply