Graha Pena Gunadarma

Akreditasi S2 Teknik Sipil in Action

April 26th, 2012 | by | in Berita, Headline | No Comments

Bulan April kayaknya bisa disebut bulan visitasi BAN-PT bagi warga UG. Setelah beres visitasi D3 TK, minggu berikutnya berturut-turut UG dikunjungi asesor BAN-PT untuk visitasi program studi S2 Psikologi (16/4/2012), S3 Ilmu Ekonomi (18/4/2012), dan S2 Teknik Sipil (25/4/2012). Biarpun terasa penat seharian, foto bersama tidak pernah ketinggalan. Prof Bambang Suryoatmono dan Prof Muhammad Saleh Pallu pun ikutan foto-foto

Tebak, mana dua asesornya?

Bu, silahkan duduk, bapak-bapak berdiri saja

Semua terlihat gembira, bukan karena hasilnya sudah diketahui, namun lebih karena tugas berat sudah berakhir untuk sementara. Senda gurau dan foto bersama pun mencairkan suasana tegang, stress, atau bingung saat adu argumentasi atau debat antara tim UG dengan asesor. Semua sesuai dengan perannya masing-masing. Kadang pihak yang dinilai berada pasa situasi lebih “tertekan“. Kesibukan di ruang dokumen pun seolah tiada henti dari pagi hingga malam hari.

Sibuk masing-masing, atau sibuk sama-sama?

Di mana ya filenya?

Argumentasi memang tidak sebatas adu wacana atau saling berbalas lisan. Demi fakta dan data yang akurat, semua debat kadang perlu bukti surat-surat. Prestasi bukan sebatas terucap di  bibir, namun harus didukung lembar sertifikat. Kesediaan mitra kerjasama, baik dalam dan luar negeri, minimal harus ditunjukkan dengan MOU, dokumen kontrak atau jenis dokumen lainnya.

Saat ruang rapat jadi tempat berdebat

Demi ketelitian penilian atau argumentasi kuat, kadang teman-teman berkomunikasi intensif, atau sibuk mencari berkas-berkas yang diminta asesor. Tidak heran jika tim pendampingm atau tim administrasi mondar-mandir dari ruang rapat tempat berdebat ke ruang serbaguna yang penuh dengan berkas-berkas.

Asesor di balik berkas

Selepas acara makan malam, tiba saatnya sesi yang paling bikin deg-degan. Hasil sementara berupa uraian tertulis – bukan skor nilai – pun diberikan asesor untuk dipelajari oleh tim UG. Sanggahan dan debat pun dimulai lagi, apalagi kalo ada temuan yang kurang menyenangkan. Bukan tidak mau mengakui kekurangan, namun bisa saja kita punya data atau fakta tambahan yang luput dari perhatiaan asesor. Namun, semuanya berakhir dengan lancar diakhiri dengan kesepakatan penandatanganan berita acara. Suasana tegang mulai mencair, bibir-bibir tersenyum pun mulai hadir saat serah-terima berita acara.

Akhirnya tersenyum juga

“Suhendra Bersaudara“ in action

Akhirnya jam 9 malam tim “bersih-bersih“ membereskan semua berkas. Jam di dinding menjadi saksi perjuangan teman-teman yang sedari pagi sudah hadir di Gedung 4 Lantai 6 Kampus depok.

Berkas hilang tidak boleh pulang

Hujan rintik-rintik pun mengiringi saat asesor dan tim UG bergegas pulang. Gedung 4 lantai 6 pun mulai lenggang, namun tidak dengan suasana kota Depok yang terlihat gelap dengan kerlap-kerlip sinar lampu yang terlihat dari gedung 4 lantai 6.

Remang malam Margonda

Pah, Mamah pulang malam ya

Semoga hasil visitasnya berbuah manis, walau kita harus meraihnya dengan perjuangan.

Tulisan Dengan Topik Terkait

Ditulis Oleh

Rumah Pena → Redaksi Rumah Pena

Lihat semua tulisan dari

Website : http://pena.gunadarma.ac.id

Leave a Reply