Graha Pena Gunadarma

Blue Mosque… Masjid yang tidak berwarna biru

April 9th, 2012 | by | in Headline, Wisata | 2 Comments

The Blue Mosque dibangun atas perintah Sultan Ahmed I – seorang raja berpikiran sangat religius yang menjadi raja pada usia yang sangat muda. Dalam semangat keagamaan, ia memutuskan untuk membangun sebuah masjid untuk melampaui kemegahan Ayasofya . Dia memilih lokasi Istana Besar Byzantium untuk konstruksi. Tempat ini terletak di sisi tenggara Hippodrome .

Blue Mosque

Ia mempercayakan pekerjaan ini untuk arsitek Mehmet Ada. Mehmet Ada memulai karyanya pada 1609 dan ini membawanya enam tahun yang panjang untuk menyelesaikannya. Pekerjaan besar ini akhirnya selesai pada 1617.

Adalah wajar untuk mengharapkan sebuah bangunan berwarna biru ketika Anda pergi untuk mengunjungi Masjid, tetapi masjid memiliki eksterior abu-abu biasa. nama sebenarnya Blue Mosque berasal dari ubin biru digunakan di dalam Masjid. Masjid ini dikelilingi oleh halaman yang luas di tiga sisi dimasukkan pada setiap sisi oleh delapan portal. Halaman dalam adalah diaspal di marmer. Rivaks, didukung pada kolom yang terbuat dari marmer, granit dan porfiri mengelilingi halaman. Di tengah halaman adalah air mancur untuk wudhu, dikelilingi oleh enam kolom marmer. Ini adalah Masjid di Istanbul yang memiliki enam menara. Masing-masing menara mendukung 258 balkon.

Selanjutnya anda akan mencapai kubah utama, yang memiliki puncak menara emas. Kubah pusat bertumpu pada empat lengkungan yang runcing. Ada empat semi-kubah pada empat sisi kubah utama dan kubah kecil di sudut.

Ketika Anda masuk, Anda akan melihat bahwa sebagian besar dinding ditutupi dengan keramik cantik, kebanyakan dari mereka memiliki motif floral. Dalam 21043 Total keramik telah digunakan. Ada banyak perunggu halus dan artefak kayu di dalam Masjid. Di kedua sisi galeri kiri adalah penjara Sultan Ahmed I.

Sampai saat ini masjid ini masih digunakan untuk berdoa, sehingga suasana yang khusuk terasa sekali ketika kita memasuki bagian utama dari masjid ini, terasa begitu damai dan sakral…..

Tulisan Dengan Topik Terkait

Ditulis Oleh

Lihat semua tulisan dari

Website : http://susys.staff.gunadarma.ac.id

2 Responses to “Blue Mosque… Masjid yang tidak berwarna biru”

  1. Budi Hermana says:

    Gak cuma berkunjung ke Blue Mosque aja kan Mbak di Turkinya :) Foto-foto pemandangan turki lainnya dong mbak :)

  2. Sibolgamen says:

    Betul itu, foto2 yang lain donk bu.

Leave a Reply